Field Trip ke Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta

Field Trip ke Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta

SMA Budi Luhur Angkatan 23 melakukan Field Trip ke Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 8 September 2016. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan khusus untuk kelas XII yang bertujuan untuk mengenalkan siswa/i terhadap dunia perkuliahan dan menambah wawasan siswa/i mengenai Program Studi yang ada di Perguruan Tinggi. Waaah dari nama Universitas nya aja, pasti kalian udah familiar banget kan?

Perjalanan pertama kami adalah ke Universitas Indonesia, Depok. Mengagumkan! Itu kata pertama saya saat memasuki kampus seluas 320 hektar ini. Universitas Indonesia memiliki perpustakaan yang sangat besar, dan dapat menampung sekitar 20.000 orang perhari serta di dalamnya terdapat 3-5 juta buku. Waaaahh mengagumkan banget kan. Kami disambut dengan hangat oleh Kak Aufar yang sekaligus menjadi pembicara saat kami dikumpulkan di Aula Terapung Universitas Indonesia.

DSC03194DSC03200DSC03168DSC03167

DSC03206DSC03233

Di sana kami diberikan pembelajaran tentang 14 fakultas yang ada di Universitas Indonesia, 3 Rumpun Ilmu yang ada di Universitas Indonesia yaitu Rumpun Ilmu Kesehatan, Rumpun Sains-Teknologi,  dan Rumpun Sosial-Humaniora, melalui jalur apa saja untuk penerimaan mahasiswa baru, beberapa cara agar tidak salah memilih Fakultas yang kita inginkan, mengetahui perbedaan SNMPTN, SBMPTN serta SIMAK UI dan masih banyak lagi. Seruu banget pokoknya! Kami juga diberikan sesi tanya jawab untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang Universitas Indonesia dan mereka juga menyediakan DOORPRIZE Buku Kerja Universitas Indonesia Tahun 2016 untuk 2 siswa/i yang berhasil menjawab pertanyaan yang mereka ajukan. Tapi sayangnya kami tidak dapat berlama-lama di sana, karena kami harus  segera melakukan perjalanan kembali menuju Universitas Negeri Jakarta.

Setibanya kami di Universitas Negeri Jakarta, kami kembali disambut dengan hangat oleh Duta Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Kak Markus dan Kak Riska. Mereka berdua menyambut kami dari saat pertama kami turun dari Bus. Mereka ramah bangeet. Karena kami sampai tepat saat adzan dzuhur berkumandang, maka kami melaksakanakan shalat dzuhur terlebih dahulu baru setelahnya melanjutkan aktivitas kembali. Setelah selesai, kami dikumpulkan di depan ruang Rektor Universitas Negeri Jakarta.

Karena jadwal kampus yang sangat padat, maka kami tidak dapat dikumpulkan di dalam suatu ruangan aula atau ruang kelas. Tetapi itu tidak masalah, kami masih bisa melanjutkan aktivitas dengan baik.

Selanjutnya, disana kami dijelaskan tentang 7 Fakultas yang ada di Universitas Negeri Jakarta. Kabarnya, mereka akan menambah fakultas baru lohh yaitu Fakultas Psikologi. Kereen banget! Universitas Negeri Jakarta memang terkenal dengan lulusannya yang mendapat gelar sebagai guru, tetapi banyak juga kok lulusan Universitas Negeri Jakarta yang bekerja di perusahaan swasta maupun negeri. Terdapat perbedaan Program Studi yang ditawarkan di Universitas Negeri Jakarta. Ada Program Studi saja, dan ada Pogram Studi Pendidikan. Nah khusus untuk Program Studi Pendidikan itu nantinya akan bergelar S.Pd. pas banget buat kalian kalian yang ingin menjadi guru.

Kami juga dijelaskan tentang jalur masuk Universitas Negeri Jakarta dapat melalui SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri, dan Beasiswa Bidik Misi. Naah uniknya di Universitas Negeri Jakarta, apabila kamu hafal 10 Jus Al-Qur’an kamu akan langsung masuk ke fakultas yang kamu inginkan.. hebaaatt kan! Setelah Duta Universitas Negeri Jakarta memberikan penjelasan tentang kampus nya, lalu kami diajak berkeliling Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Melihat lihat kampus itu yang paling kami tunggu tunggu, jalan jalan nya itu loh hehe..

Seruu banget kan kunjungan Universitas nya! Jadi nambah pengetahuan baru deh tentang Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta.

Jadi, sudah siapkah pilih Universitas yang kalian mau?

#QOTD
Jangan jadi seseorang yang bekerja untuk sesuatu, tetapi jadilah sesorang yang dapat menghasilkan sesuatu.”

Ditulis oleh Risni Ajeng Putri Jubido (XII MIPA 2)