Blog

October 18, 2016

Life Skill Program

Di jaman modern seperti sekarang ini, selain kemampuan akademik yang harus dimilki oleh para siswa, juga perlu adanya keterampilan penunjang. Keterampilan tersebut yang akan membantu menyiapkan calon-calon penerus bangsa yang mandiri, kreatif dan memiliki jiwa enterpreneurship yang tinggi. Oleh karena ini SMA & SMK Budi Luhur mengadakan sebuah kegiatan yang disebut “Life Skill Program”.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah siswa-siswa selesai mengikuti Ujian Tengah Semester tepatnya pada tanggal 12-13 Oktober 2016. Terdapat berbagai macam keterampilan yang diajarkan selama kegiatan, di mana siswa dibebaskan untuk memilih keterampilan yang ingin mereka pelajari.

Adapun ragam keterampilan yang diatawarkan diantaranya :

  1. Cooking Class : dalam kelas memasak ini disediakan 4 kelas dimana para siswa diajak untuk belajar membuat berbagai macam appetizer, main course hingga Adapun para pengajarnya yaitu para chef yang sudah ahli di bidang pembuatan makanan.
  2. Baking : Siswa belajar membuat red velvet cake yang didampingi oleh chef dari C’NOW Café.
  3. Handycraft Boneka : Siswa belajar membuat kerajinan boneka yang di dampingi oleh tim dari MASIKA
  4. Handycraft Tas : Siswa belajar melukis dan mewarnai di sebuah tas polos. Siswa bebas menggambar dan mewarnai sesuai keinginan mereka masing-masing. Dalam proses melukis anak didampingi oleh tim dari MASIKA
  5. Latte Art : Siswa belajar seni menghias di atas secangkir espresso dengan bahan dasar minuman Cappuccino dan Cafe Latte. Dalam pembelajarannya sekolah bekerja sama dengan PRODIGY COFFEE & ACADEMY. Di akhir kegiatan terpilih 3 siswa berbakat yang mendapatkan beasiswa untuk belajar di Prodigy Academy. Siswa tersebut adalah Gisela Adelia (X MIPA 1), Kamal Khairuddin ( X MIPA 2) dan Arthea Veron Gabielle Uly (X IPS 1).
  6. Hidroponik : Para siswa membuat budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.
  7. Desain Booth & Packaging : Dalam sebuah karya diperlukan suatu kemampuan untuk memperindah dan memamerkan hasil karya dengan tampilan yang menarik, untuk itu anak-anak dibekali kemampuan mendesain produk agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi.
  8. Anyaman : Anyam adalah salah satu teknik yang digunakan pada karya seni kriya tradisional Nusantara. Teknik anyam merupakan teknik manual yang masih menggunakan tangan untuk membuat sebuah karya seni yang dalam kegiatan ini memanfaatkan kertas koran. Hasil kerajinan yang dibuat diantaranya hiasan dinding, accessories dll
  9. Fashion : Siswa diajak untuk memiliki keterampilan menjahit sebuah rompi yang tujuan jangka panjangnya, dengan bekal keterampilan dasar menjahit siswa bisa membuat baju sendiri.

Dalam life skill program ini, acara semakin meriah dengan kedatangan salah satu pelawak terkenal di Indonesia yaitu Aziz Gagap. Para siswa juga merasa sangat senang dan beruntung dengan adanya kegiatan ini, karena kegiatan belajar mengajar berbagai keterampilan berlangsung secara seru dan bisa langsung praktek.

Penulis : Teguh Pangesti Rahayu, S.Pd.
Photo : I Made Aditya Handaka, S.Pd.

News SMA , , , , , , , , ,
About rtxadmin