MPLS SMA & SMK Budi Luhur 2017

Setiap awal tahun ajaran baru, diadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada calon peserta didik baru, begitu juga di SMA dan SMK Budi Luhur.

Sebelum melaksanakan MPLS, calon peserta didik baru mengikuti briefing terlebih dahulu pada hari Jumat, 14 Juli 2017. Briefing tersebut ditujukan untuk memberikan gambaran mengenai kegiatan MPLS yang akan berlangsung selama 3 hari (Senin, 17 Juli 2017 – Rabu, 19 Juli 2017). Pada briefing tersebut dijelaskan juga mengenai mini assembly dan lomba caption instagram dengan foto bersama raka dan rakanita OSIS.

Kegiatan hari pertama diawali dengan upacara pelantikan calon PASKIBRA 25/2 sekaligus pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Selanjutnya, calon peserta didik baru diarahkan ke kelas untuk mendapat materi dari para guru dan sebagian lainnya diarahkan ke ruang meeting untuk mendapat bimbingan dari Primagama. Setelah ishoma dilaksanakan TPA (Tes Potensi Akademik) yang nantinya akan membantu dalam proses penjurusan. Kegiatan diakhiri oleh apel penutup dengan Bapak Febby Lukito sebagai pembina apel.

Apel pagi digelar sebagai pembuka hari kedua dengan Ibu Sri Utami F. sebagai pembina apel. Kegiatan dilanjutkan dengan tes psikologi yang berlangsung dari pukul 8.15 hingga 12.00. Setelah ishoma, calon peserta didik baru mendapat materi deteksi dini serta sharing dengan alumni dan juga sosialisasi organisasi di SMA & SMK Budi Luhur yang dilakukan secara bergantian. Kemudian calon peserta didik baru diberikan kesempatan untuk melatih penampilan mini assembly mereka yang akan ditampilkan pada hari Rabu, 19 Juli 2017. Kegiatan diakhiri dengan apel penutup.

Esoknya, seperti biasa, apel pagi dilaksanakan untuk mengawali kegiatan. Pada hari terakhir tersebut, sebagian besar kegiatan dilakukan di luar ruangan (di lapangan samping), antara lain adalah senam pagi yang dipimpin oleh Bapak Edy, Bapak Tony dan Bapak Alin serta Bapak Jimmy, ada juga mini game berupa pesan berantai estafet yang menggunakan karung, dan pembuatan lubang biopori sekaligus tong sampah kreatif yang akan dilombakan.

Kegiatan selanjutnya dilaksanakan di dalam ruangan (di lapangan tengah), yakni demo ekskul dan penampilan mini assembly oleh calon peserta didik baru yang disaksikan oleh seluruh warga Budi Luhur dengan tema cerita rakyat.
Pengumuman pemenang diberitahukan setelah pengenalan guru-guru di SMA dan SMK Budi Luhur, dengan bing.com sebagai pemenang dengan hasil akumulasi nilai terbesar. Sedangkan untuk lomba caption instagram dimenangkan oleh Clara Shinta Purnama (SMK) dan M. Nismara Al Ghifari C.(SMA). Setelah itu, seluruh calon peserta didik baru dinyatakan lulus MPLS dan melaksanakan latihan baris berbaris selama 2 hari setelahnya yang dibimbing oleh OSIS dan PASKIBRA.

 

Ditulis oleh : Della Savelya (XI MIPA 2)

img_6955img_1227img_1234_mg_1681_mg_1498img_5392img_6295img_6291img_6358img_6416img_6625img_6643img_6568img_6420img_6754img_6681img_6950img_6877img_6945